Setiap murid bisa belajar, hanya saja tidak pada hari yang sama atau dengan cara yang sama (George Evans). Welcome to my blog !!

Jumat, 11 November 2016

Tugas 1 ( Menangkap Makna )

           

Remaja dan Game Online

            Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game online di internet. Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan waktunya di depan komputer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game online. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan lingkungannya.
           Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar. Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang dapat memengaruhi anak dan lingkungan jika anak atau remaja bermain game online secara berlebihan. Tidak sedikit game online yang beredar mengusung tema kekerasan. Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan tindak lain yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak.
             Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Wanita yang berpakaian tidak pantas dan serba terbuka sudah lazim di game-game yang beredar. Anak yang bermain game online secara berlebihan dapat membuat anak itu menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya. Oleh karena itu, banyak di antara mereka mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak dapat dihindari apabila anak-anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online 


             Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan.
Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.
            Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa game online dapat memengaruhi kemampuan anak ke arah positif seperti merangsang saraf motorik mereka dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan tangan menjadi lebih terlatih, merangsang kemampuanmereka dalam berstrategi, dan merangsang kemampuan mereka berpikir untuk memecahkan masalah.
           Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan. Anak hanya akan peduli  pada dirinya sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2009 mengatakan bahwa ada hubungan antara kecenderungan game online dengan ranah keterampilan sosial, yaitu korelasi negatif yang signifikan antara kecanduan game online dan sensitivitas emosional serta ekspresi sosial.
           Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat diselesaikan jika orang tua dan anak-anak selalu berkomunikasi, memahami apa itu hobi, serta kapan dan dimana anak harus bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.
           Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak dan lingkungannya jika mereka bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.
           Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.



Tugas 1 Menangkap Makna (Buku Bos)


1. Baca Teks "Remaja dan Game Online" halaman 102 !

2. Cari deskripsi makna kata sulit hal 105 di KBBI, kemudian buatlah kalimatnya


No.
Kata-kata sulit
Deskripsi Makna
1
Teknologi
Ilmu tentang teknik
2
Game online 
Permainan yang membutuhkan internet dalam memainkannya
3
Dampak
Pengaruh kuat yang mendatangkan akibat
4
Mengusung
Membawa (mengangkat) sesuatu dilakukan oleh beberapa (banyak) orang
5
Hasrat
Keinginan yang sangat kuat
6
Komperhensif
Bersifat mampu menangkap dengan baik
7
Ranah
Tanah rata, dataran rendah, lembah
8
Akademis
Berhubungan dengan akademik, mengenai teori
9
Proposional
Sesuai dengan proporsi, sebanding seimbang
10
Kecanduan 
Kejankuitan suatu kegemaran, ketagihan akan sesuatu hingga menjadi ketergantungan

No.
Kata
Kalimat
1
Teknologi
Dengan teknologi yang canggih, kita dapat melakukan berbagai hal.
2
Game online
Di era modern sekarang ini, anak – anak sering bermain game online
3
Dampak
Dampak yang terus menerus pada saat bermain game online bagi anak – anak adalah sering lupa waktu
4
Mengusung
Para warga Desa Sukasari mengusung jenazah Mbah Marijan ketempat peristirahatan terakhirnya
5
Hasrat
Ayah mempunyai hasrat bahwa tahyn depan akan melaksanakan ibadah haji
6
Komperhensif
Anak – anak lebih bersifat komperhensif tentang teknologi dibandingkan dengan orang tua
7
Ranah
Seharusnya rakyat juga ikut berpartisipasi dalam ranah politik Indonesia
8
Akademis
Budi tidak hanya baik dibidang atletik, ia juga baik dalam bidang akademis
9
Proposional
Lukisan itu tidak proposional karena mulutnya tidak seimbang dengan mukanya
10
Kecanduan
Rokok dapat menyebabkan kecanduan pada seseorang meskipun hanya sekali coba

3. Identifikasi struktur teksnya
Resume =  Paragraf 1
Gagasan utama :   Kemajuan  teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan 
Deskripsi Kelebihan dan kekurangan = Paragraf 2-6
Gagasan utama: 
- Kekurangan : Tidak sedikit game online yang beredar mengusung tema kekerasan. Game - game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak - anak. Wanita yang berpakaian tidak pantas dan serba terbuka sudah lazim ditemui di game game yang beredar. Anak yang bermain game online secara berlebihan dapat membuat anak itu menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak apat dihindari apabila anakm- anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain  game online. Alasam berikutnya ada korelasi negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan. Anak hanya akan peduli pada dirinya sendiri.
- Kelebihan : Greenfield mengatakan bahwa game online dapat memengaruhi kemampuan anak kearah positf seperti merangsang saraf motorik mereka dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinas motorik mata dan tangan menjadi lebih terlatih, merangsang kemampuan mereka dalam berstrategi, dan merangsang kemampuan mereka berpikir untuk memecahkan masalah.
 Judgement = Paragraf 7-9
Gagasan utama : Penggunaan internet secara sehat penting dan diperlukan karena dapat menambah pengetahuan ilmu yang luas.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

About

Popular Posts

Blog Archive

Total Tayangan Halaman

9619
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

BTemplates.com

Blogroll

Blogroll

About

Copyright © 2025 Cool Kidz | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com